Bata Ringan AAC Vs Bata Ringan CLC

Bata Ringan dikenal ada 2 (dua) jenis:

Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC)

Keduanya didasarkan pada gagasan yang sama yaitu menambahkan gelembung udara ke dalam adonan yang akan mengurangi berat beton yang dihasilkan secara drastis. Perbedaan bata ringan AAC dengan CLC dari segi proses pengeringan yaitu AAC mengalami pengeringan dalam oven autoclave bertekanan tinggi sedangkan bata ringan jenis CLC yang mengalami proses pengeringan alami. CLC sering disebut juga sebagai Non-Autoclaved Aerated Concrete (NAAC).

Adapun Proses Dari Bata Ringan AAC Memiliki durasi mengembang selama 7 – 8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan , selain berfungsi sebagai pengembang juga berperan mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang telah dibuat, tergantung kepadatan diinginkan.

BACA JUGALagi Cari Bata Ringan ? Sudah Tahu Distributor Resmi Bata Ringan di Makassar?

Olehnya itu Adonan beton aerasi dipotong sesuai ukuran. adonan yang mentah tersebut, terus dimasukkan ke Mesin Autoclave dan diberi uap panas juga diberi tekanan tinggi. Jika Suhu di dalam autoclave chamber sekitar 183 derajat celsius. selanjutnya Maka Hal tersebut dilakukan sebagai proses pengeringan/pematangan.

Kemudian Saat pencampuran pasir kwarsa atau silika, semen, kapur, gypsum, air, dan alumunium pasta, terjadi reaksi kimia. Bubuk alumunium bereaksi dengan kalsium hidroksida yang terdapat dalam pasir kwarsa serta air membentuk hidrogen. Selanjutnya Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung udara di dalam campuran beton .

Gelembung-gelembung udara ini mungkin menjadikan volumenya menjadi dua kali lebih besar dari volume semula. Karena Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfer dan langsung digantikan oleh udara.

Kesimpulannya adalah Bata Ringan AAC itu terdiri dari Rongga-rongga udara yang terbentuk membuat beton menjadi  ringan Namun Solid .(https://id.wikipedia.org/wiki/Bata_ringan)

Bata Ringan AAC Makassar

Secara Umum Perbedaan Bata Ringan AAC dan CLC , Ialah :

  • Perbedaan Warna

Warna Bata Ringan CLC Lebih Gelap, Sedangkan Bata Ringan AAC Lebih Putih

  • Perbedaan Bobot

Bobot Bata Ringan AAC Lebih Ringan, Sedangkan Bata Ringan CLC Lebih Berat

  • Perbedaan Pori-pori

Pada Bata Ringan AAC Pori-pori didalam bata lebih kecil dan banyak sehingga membuatnya lebih ringan, sedangakan pada CLC Pori-pori Cenderung Lebih Besar, dan masih banyak lagi lainnya.

dan Tahukah Anda Salah Salah Produsen Bata Ringan AAC Terbesar di Indonesia Timur ada di Makassar Sulawesi Selatan? Yah, Betul Bata Ringan Maccon . Sebagai Penyedia Bata Ringan Berkualitas Memiliki Komitmen Untuk Menciptakan Material Bermutu untuk Bangunan Anda.