Bata Ringan Maccon – Bata hebel atau saat ini lebih akrab yaitu Bata ringan adalah material dinding konstruksi seperti bata merah namun berbobot ringan jika dibandingkan dengan batu bata lain. Bata hebel ini tercipta dari kombinasi beberapa bahan seperti pasir, semen, kimia busa, gipsum, kapur, pasta udara, dan alumunium. Proses memakan juga sangat kekinian karena memakai mesin Autoclave dan membentuk pabrikan.

Dikarenakan memiliki beberapa kelebihannya, batu bata semakin banyak dicari, ditambah oleh beberapa pengembang perumahan atau pengembang. Bata ringan yang telah terbukti memudahkan dan memiliki banyak keunggulan yang digunakan dalam membuat dinding rumah. Ini sebab bata ringan jadi pilihan dalam pembangunan proyek rumah, apartemen, hotel atau proyek properti lainnya.

Sudah tahu apa kelebihan dari Bata Ringan dan mengapa orang mau membeli Bata Hebel?

Berikut penjelasannya:

Joseph HebelSemenjak tahun 1923, Bata hebel atau Bata Ringan telah digunakan untuk bahan bata merah di Swedia pada Tahun 1943, untuk kali lipat Jerman memakai bata hebel untuk bahan konstruksi bangunan. Waktu itu, seorang ahli bernama Joseph Hebel melakukan modifikasi pada batu bata ini dengan memperbaiki rupa hingga akhirnya membuat batu bata menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, bata ini dinamakan ‘Bata Hebel’ untuk memenangkan usaha Joseph Hebel.

Sedang di Indonesia, bata hebel atau bata ringan telah didapat semenjak awal tahun 1995. Awalnya, bata merah lebih banyak digunakan untuk bahan di dinding rumah karena harga yang relatif lebih murah dari bata hebel. Tapi, sekarang banyak yang tertarik memakai bahan bata ringan, Tentu saja yang tertarik tentang apa yang memiliki anggaran yang tinggi serta memikir periode panjang untuk menerapkan bata ringan pada bangunan.

Seperti, bata hebel memiliki beberapa variasi ketebalan, yaitu 7,5 cm, 10 cm, 12,5 cm, 15 cm, 17,5 cm, dan 20 cm. Makin tebal bata ringan yang Anda pilih jadi makin kuat kemampuan dinding yang dibangun. Namun, apa semua ukuran itu gampang didapat? Tidak juga. Ukuran yang biasanya lebih banyak tersedia ukuran 7,5 cm dan 10 cm.

Ukuran Bata Ringan Maccon

Spek dari Bata Ringan

  • Panjang: 60 cm
  • Tinggi: 20 cm
  • Tebal: 7,5 cm – 100 cm
  • Berat kering: 550 kg / m³
  • Berat Normal: 665 kg / m³
  • Kuat Tekan:> 3,5 N / mm²
  • Tebal Pemasangan: 3 mm
  • Jumlah per 1 m²: 8 – 9 buah

 

Mengapa Bata Ringan Maccon semakin banyak dicari serta dikembangkan pengembang? Tentu saja sebab material alternatif bata merah Apa keunggulannya? Berikut:

 

  1. Berbobot ringan dibandingkan dengan batu bata biasa, sehingga dapat menghasilkan lebih baik jika menggunakan perekat khusus bata ringan

 

  1. Ukuran yang dibuat semakin rapi dengan seragam menjadikan dinding semakin rapi.

 

  1. Mempunyai ketahanan yang cukup baik jika terjadi gempa Diperkirakan roboh semakin kecil dari bata merah.

 

  1. Pori-pori yang tidak simetris membuat daya serap udara kecil sehingga peluang untuk merembes kecil

 

  1. Tahan pada suhu panas

 

  1. Mampu menjaga suhu stabil di dalam ruangan

 

  1. Menghemat penggunaan pasir

 

  1. Mudah diaplikasi hanya dengan alat pertukangan seperti bor dan gergaji

 

  1. Bobot yang ringan membuat mobilitas material Semakin gampang diangkut ke tempat proyek.

 

Sesudah memperhatikan materi bata ringan di atas, tentu saja menambah wawasan Anda tentang Bata Ringan atau hebel. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *